Antilemas saat Berpuasa, Lakukan Cara Ini!

Integriti Publishing

Berpuasa mulai dari waktu imsak hingga terbenamnya matahari, sembari menjalani aktivitas, tidaklah mudah. Terkadang, terasa sulit untuk tetap produktif karena hampir seharian menahan lapar dan haus.

Tubuh lemas karena kurangnya asupan energi, membuat kita jadi kurang fokus. Ditambah lagi, sewaktu berpuasa selama 30 hari, kita mungkin mengalami perubahan pola tidur yang membuat waktu tidur berkurang sehingga tubuh makin mudah kelelahan.

Nah, agar tidak lemas dan merasa lebih bertenaga ketika puasa, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Simak yuk!

Cukupi asupan cairan tubuh

Dehidrasi menjadi penyebab terbesar rasa lemas saat kita puasa. Oleh karena itu, cukupi asupan cairan saat sahur dan berbuka.

Anda bisa mencoba pola 2-4-2, yaitu dua gelas saat berbuka, empat gelas sepanjang malam, dan dua gelas saat sahur. Tidak hanya air putih, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan untuk menambah asupan cairan tubuh.

Konsumsi makanan sehat

Makanan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka puasa sangat penting agar tidak lemas. Hindari makanan yang mengandung tepung dan kadar gula yang tinggi. Makanan tersebut sangat cepat dicerna tubuh sehingga bikin Anda cepat merasa lemas dan lapar.

Penting untuk konsumsi makanan sumber protein dan tinggi serat. Selain sangat baik untuk kesehatan pencernaan, makanan ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.

Hindari makanan manis

Agar tidak lemas saat puasa, hindari terlalu banyak makanan manis. Kadang, ini sulit dilakukan karena godaan aneka macam takjil manis saat berbuka. Namun, makanan manis cenderung memiliki indeks glikemik tinggi sehingga dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat, lalu menurun lagi secara drastis.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan kelelahan dan penurunan energi tubuh selama puasa. Gula memang dibutuhkan saat buka puasa, tetapi jangan terlalu banyak. Maka, batasilah konsumsinya.

Lakukan olahraga secara rutin

Jangan jadikan puasa sebagai halangan Anda untuk berolahraga. Mungkin terasa berat, tetapi percayalah, olahraga secara teratur akan membuat Anda lebih bertenaga saat puasa.

Olahraga dapat membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih efisien untuk memasok oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otot yang sedang bekerja. Dengan begitu, tubuh juga lebih efisien dalam mengatur penggunaan energi selama Anda tidak makan dan minum.

Anda dapat berolahraga ringan selama 30 – 60 menit. Olahraga dapat dilakukan menjelang berbuka, setelah berbuka, atau sebelum tidur.

Penuhi jam tidur

Meskipun pola tidur dan istirahat berubah saat puasa, sebisa mungkin tetap penuhi jam tidur hingga 8 jam sehari.

Hindari kegiatan yang dapat mengganggu tidur, seperti menonton TV atau menggunakan ponsel sebelum tidur. Selain itu, hindari makanan dan minuman berkafein menjelang tidur. Kafein dapat menghindari kantuk sehingga jam tidur bisa semakin berantakan.

Konsumsi suplemen

Selama bulan puasa, perhatikan asupan nutrisi Anda cukup untuk menjaga energi, mencegah rasa lemas, dan tetap fit saat puasa. Apabila tubuh masih lemas saat puasa meski sudah mengikuti cara di atas, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen.

Suplemen yang bisa Anda konsumsi, seperti Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Zat besi, Suplemen Minyak Ikan, Suplemen Protein, dan Vitamin E.

Yuk, lakukan cara di atas untuk menjaga energi, mencegah rasa lemas, dan memastikan ibadah puasa Anda berjalan lancar.

makan-sahur

Tubuh Tetap Ternutrisi saat Puasa

self photo

Self Photo Studio, Ciptakan Foto Ciamik Tanpa Fotografer

Yuli_Gaya Hidup_Puasa

Puasa Medsos: Sehatkan Mental dan Lebih Percaya Diri

yuli_wisatabudaya_pasar 1

Pesona Pasar Unik di Indonesia: Pengalaman Wisata Belanja yang Tak Terlupakan

yuli_wisatabudaya_umroh backpacker

Diklaim Lebih Murah, Begini Panduan untuk Umroh Backpacker Aman dan Hemat

abdu_Gaya_frugal Living

Frugal Living: Gaya Hidup Ngirit, Bukan Pelit

Yuli_senggang_Timun suri

Keajaiban Timun Suri: Buah yang Hanya Muncul di Bulan Ramadhan

abdu_kesehatan

Tetap Sehat dan Bugar selama Berpuasa