Media sosial menjadi platform pendongkrak bisnis di era digital. Oleh karena itu, perlu cara tersendiri dalam memaksimalkan fungsi media sosial agar tujuan bisnis dapat tercapai. Seperti apa caranya?
Lahir sebagai produk digital, media sosial memungkinkan penggunanya (user) berinteraksi tanpa batas wilayah (borderless) serta tidak terbatas waktu (timeless). Kamu dapat dengan mudah tukar komentar atau berbagi konten dengan teman di benua seberang kapanpun dan dimanapun.
Luasnya jangkauan media sosial memberikan ruang bagi pengembangan bisnis. Melalui media sosial, user dengan mudah memasarkan produk atau jasa. Pun demikian, audiens bisa dengan mudah mencari informasi mengenai barang atau jasa yang mereka butuhkan.
Nah, bagi kamu yang memanfaatkan media sosial sebagai platform bisnis, berikut cara memaksimalkan akun media sosial agar dapat mencapai target bisnis yang diinginkan.
Tentukan Target Konsumen
Menentukan target konsumen menjadi bagian terpenting yang tidak boleh terlewatkan. Tentukan target sesuai produk bisnis, akan lebih mudah membuat konten dan memilih platform media sosial yang sesuai. Kamu bisa menggunakan tools social media management untuk memperoleh informasi demografi konsumen.
Lengkapi Akun Medsos untuk Bisnis
Tanpa melengkapi akun medsos, orang lain tak akan mengetahui produk bisnis yang kamu tawarkan. Agar performa akun medsos lebih optimal, lengkapi deskripsi akun bisnis. Kamu bisa menambahkan deskripsi mengenai produk bisnis, keunggulan produk, maupun alamat website bisnis, agar bisnis anda terlihat lebih profesional.
Unggah Konten dengan Visual Menarik
Konten dengan audio-visual yang menarik dan kreatif akan menunjukan kualitas bisnis kamu, sehingga calon konsumen lebih yakin dengan produk yang ditawarkan.
Tambahkan Hashtag yang Relevan dengan Konten
Penggunaan hashtag bertujuan agar postingan kamu mudah ditemukan. Saat seseorang menuliskan hashtag yang relevan dengan konten, maka konten kamu akan muncul di halaman pertama pencarian. Semakin sering konten kamu muncul di beranda, akan semakin mudah menarik konsumen.
Unggah Konten Secara Konsisten
Mengunggah konten secara konsisten memiliki banyak keuntungan, salah satunya meningkatkan brand awareness. Semakin sering kamu memposting konten di medsos, semakin sering orang lain melihat konten tersebut.
Manfaatkan Fitur di Media Sosial
Memanfaatkan fitur yang disediakan di medsos, fitur live di Instagram maupun TikTok. Fitur live memungkinkan konsumen memperoleh deskripsi secara naratif dan melihat bentuk barang yang dijual secara live.
Gunakan Fitur Iklan
Adanya fitur kelola iklan yang disediakan medsos tentu memudahkan kamu untuk mengenalkan dan mempromosikan bisnis sehingga bisa menarik konsumen potensial.
Lakukan Interaksi dengan Konsumen
Interaksi bisa dilakukan dengan membalas setiap komentar yang dilontarkan konsumen. Adanya interaksi antara pebisnis dengan konsumen tentu bisa menciptakan hubungan baik dan membangun citra positif bisnis.
Lakukan Evaluasi Akun Medsos Bisnis
Melakukan evaluasi sangat penting agar bisa mengetahui seberapa besar pengaruh konten kamu dan respon yang didapatkan dari konsumen. Hal ini bertujuan agar Anda bisa menganalisis konten yang diunggah sudah sesuai dengan target konsumen atau tidak.
Mau baca artikel menarik lainnya? Langsung aja baca Butuh Hiburan di Bulan Ramadan? Ini Rekomendasi Film Penuh Makna Kehidupan
Buat yang mau tau keseruan Integriti, langsung follow Instagram kita di@Integriti.ick