Istilah SEO mungkin tak asing lagi bagi Anda yang berkecimpung di dunia digital. SEO atau Search Engine Optimization adalah praktik optimisasi untuk meningkatkan visibilitas dan posisi website di dalam mesin pencari (search engine). Dalam penerapannya, SEO dapat meningkatkan potensi bisnis.
Dengan strategi optimasi yang sesuai, sangat memungkinkan website akan muncul di urutan teratas pada halaman pencarian (search engine result page) sehingga mudah ditemukan. Hal ini akan mendorong potensi kenaikan traffic pada website.
Melihat potensi tersebut, Tak mengherankan banyak produk dan jasa saat ini bersaing merebut audiens melalui konten-konten digital yang dikreasi sesuai dengan SEO. Harapannya, tercipta brand awareness yang berujung pada kenaikan penjualan.
Berikut ini, manfaat SEO yang bisa Anda maksimalkan dalam bisnis.
Meningkatkan visibilitas website
SEO memungkinkan website Anda nangkring di halaman pertama SERP. Hal ini, tentunya membuat website Anda mudah ditemukan sehingga berpengaruh terhadap traffic. Lantaran, 75% orang enggan bergeser ke halaman kedua dan seterusnya.
Membangun brand awareness
Semakin sering website Anda nangkring di halaman pertama Google untuk kata kunci yang relevan, semakin kuat pula brand awareness terhadap perusahaan Anda. Hanya saja, diperlukan kesabaran dan keuletan karena manfaat ini tidak bisa diperoleh secara instan. Paling tidak, setelah 3 – 5 kali menemukan konten yang Anda buat, barulah audiens tertarik dan percaya dengan perusahaan/brand Anda.
Yang perlu juga diperhatikan dalam upaya membangun brand awareness ini adalah ketepatan memilih tempat nangkring-nya. Dalam hal ini, Google adalah tempat paling strategis untuk Anda memperkenalkan brand dan membangun awareness terhadap brand Anda. Menurut ReviewTrackers, 63% orang memilih Google sebagai tempat mencari produk.
Membidik target yang tepat
SEO membantu Anda dalam membidik target audiens yang tepat. Dengan SEO, Anda bisa menggunakan kata kunci sesuai dengan search intent atau tujuan audiens dalam menelusuri keyword tertentu.
Di sisi lain, algoritma Google menentukan rekomendasi konten yang muncul di halaman pencarian dengan mempertimbangkan karakteristik audiens, seperti lokasinya dan histori penelusurannya. Maka, dengan SEO, konten website Anda bisa tampil ke target audiens yang tepat sehingga traffic dan konversi pun meningkat.
Membangun top of mind brand
Ketika website sudah tegak berakar kuat di halaman pertama Google, kredibilitas website pun mulai terbukti dan lebih mudah mendapat kepercayaan dari Google. Ditambah lagi traffic yang tinggi, membuat audiens maupun Google tidak mudah untuk melupakan website Anda.
Google akan selalu merekomendasikan kembali website Anda yang sebelumnya pernah dikunjungi audiens. Sementara, konten-konten website Anda pun akan selalu muncul di hasil pencarian audiens meskipun kata kuncinya berbeda sehingga audiens pun enggan berpaling ke website tetangga.
Meningkatkan penjualan dan konversi
Dengan memanfaatkan SEO, strategi marketing mampu menjangkau target audiens lebih luas. Misalnya saja, social media marketing yang hanya mampu menyasar pengguna aplikasi tersebut, seperti Instagram. Begitu pun dengan email marketing, hanya dapat menjangkau pengguna email yang sudah berlangganan newsletter.
Sebaliknya, SEO bisa menjangkau siapa pun pengguna search engine. Sebut saja pengguna Google yang mencapai 4,39 miliar, maka Anda bisa meraih peluang lebih besar dengan memanfaatkan SEO Google.
Faktor Penentu Peringkat
Untuk meraih sederet manfaat SEO, Anda juga harus memahami tentang beberapa hal yang menjadi kriteria Google dalam menentukan peringkat website. Berikut beberapa faktor yang menentukan peringkat website.
Relevancy
Relevancy adalah keterkaitan hubungan antara kebutuhan audiens dengan informasi yang disediakan. Faktor ini mencakup penggunaan keyword, topik konten, struktur URL, dan meta tag.
Authority
Authority adalah tingkat kredibilitas website atau konten dalam menyajikan info yang akurat dan relevan. Authority mencakup domain factor, keamanan website, backlink, dan web spam.
Value
Value adalah kualitas website hingga konten yang bermanfaat untuk audiens. Value mencakup search intent, yaitu tujuan pengguna ketika menelusuri keyword pencarian. Keyword membantu Google untuk memahami maksud penggunanya. Karena itu, Anda harus membuat keyword dan konten serelevan mungkin dengan search intent audiens.
User experience
User experience merupakan pengalaman audiens ketika berinteraksi dengan website dan seluruh elemen di dalamnya. Pengalaman ini dapat dihadirkan lewat desain dan struktur website, kecepatan website, dan optimasi gambar.
Algoritma Google
Algoritma Google merupakan dasar Google dalam menilai website. Algoritma Google memiliki sistem yang selalu diperbaharui demi memberikan search experience terbaik bagi penggunanya. Namun, alih-alih fokus mengejar algoritma Google yang terus berubah, lebih baik Anda fokus pada penyajian website dan konten yang bermanfaat.
Mau baca artikel menarik lainnya? Langsung aja baca Pentingnya Annual Report bagi Kredibilitas Perusahaan
Buat yang mau tau keseruan Integriti, langsung follow Instagram kita di @Integriti_ick