Perkembangan teknologi yang melahirkan media sosial mendorong perubahan perilaku manusia dalam berinteraksi. Pengguna (user) memanfaatkan media sosial untuk berbagai keperluan dan kepentingan, bagi pengguna perorangan biasanya dimanfaatkan untuk bersosialisasi, eksistensi diri, branding, bahkan aktivitas ekonomi digital. Sementara, banyak perusahaan yang juga menggunakan media sosial untuk mendekatkan diri dengan khalayak melalui konten-konten edukatif dan informatif.
Melihat potensi-potensi tersebut, media sosial perlu pengelolaan yang tidak sembarangan agar dampak yang diharapkan tercapai. Bagaimana konten yang akan dihadirkan, penentuan kapan harus tayang, serta bagaimana melihat perilaku audiens membutuhkan serangkaian tindakan terstruktur yang dikenal sebagai social media management.
Dalam implementasinya, social media management menggunakan sejumlah software, tools dan layanan untuk mempermudah pengelolaan konten-konten di media sosial milik pelaku bisnis. Media sosial yang umum dipakai antara lain Facebook, Instagram, Twitter dan Tiktok. Masing-masing platform tersebut memiliki karakter dan keunggulan, sehingga konten yang dibuat pun harus menyesuaikan dengan platform tersebut.
Lalu, apa saja manfaat yang ditawarkan social media management?
Menjadi identitas bisnis
Saat ini, media sosial menjadi identitas bisnis atau perusahaan. Orang akan dengan mudah mengenal sebuah brand melalui akun medsos resmi dari perusahaan. Melalui konten yang dibagikan diharapkan mampu mendorong audiens mengenal brand tertentu.
Menjadi media promosi dan informasi
Bagi Anda yang memiliki perusahaan atau unit bisnis yang menginginkan cakupan (exposure) lebih luas, penggunaan social media management dapat menjadi pilihan. Social media manager akan memberikan pandangan dan perencanaan bagi Anda dalam memunculkan konten-konten dengan impact yang diharapkan.
Memperluas jangkauan audience
Sosial media dapat melewati batas-batas wilayah yang mungkin sulit dijangkau oleh pemasaran secara offline. Tak hanya dari cakupan wilayah, jangkauan audience kamu juga bisa lebih luas dari segi demografis lainnya, seperti jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, dan lain sebagainya.
Meningkatkan brand awareness
Salah satu peranan penting dari penggunaan social media adalah meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Dengan karakter medsos yang mudah diakses brand atau bisnis kamu akan lebih mudah dikenal.
Meningkatkan Penjualan Produk
Hal terakhir yang tak kalah pentingnya dari media sosial adalah meningkatkan penjualan. Aspek inilah yang menjadi tujuan utama dalam pengelolaan sosmed. Pembuatan konten yang menarik dan berkualitas dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan angka penjualan pada bisnis Kamu.
Pilih jasa social media management terpercaya
Setelah memahami apa manfaat social media management serta peranannya dalam bisnis, pastikan Anda memilih jasa social media management terpercaya. Sebagai pertimbangan, Anda dapat melihat testimoni dari klien-klien jasa tersebut.
Selanjutnya, Anda dapat memastikan seperti apa project pengelolaan sosial media yang ditawarkan jasa tersebut, apakah sesuai dengan keperluan bisnis atau perusahaan Anda.
Jika Anda masih bingung memilih jasa pengelolaan media sosial, Integriti bisa menjadi solusi. Kami di Integriti memiliki talenta-talenta mumpuni di bidang social media management, didukung pula dengan penggunaan software dan tools terkini dalam menunjang performa pengelolaan akun media sosial klien.
Untuk mengetahui layanan social media management yang Integriti tawarkan dapat menghubungi kami melalui email dreamwedoit.integriti@gmail.com atau WhatsApp di nomor 0812-3332-9979.
Mau baca artikel menarik lainnya? Langsung aja baca Tren Traveling yang Bakal Booming di Tahun 2023
Buat yang mau tau keseruan Integriti, langsung follow Instagram kita di @Integriti_ick